Senin, 06 Mei 2013

Kelebihan dan Kelemahan Sistem Politik Berbagai Negara di Dunia





Kelebihan dan Kelemahan Sistem Politik Berbagai Negara di Dunia
1.     INDONESIA
·         Warga negara bisa terlibat dalam hal-hal tertentu seperti pembuatan keputusan-keputusan politik,baik secara langsung maupun melalui wakil-wakil yang mereka pilih.
·         Warga negara memiliki kebebasan atau kemerdekaan menyangkut hak-hak kebebasan yang telah mencakup dalam hak asasi manusia (seperti hak politik,ekonomi,kesetaraan di depan hokum dan pemerintahan,ekspresi kebudayaan,dan hak pribadi).
·         Masyarakat yang telah memenuhi syarat tertentu memiliki hak untuk berpartisipasi dalam pemilihan pemerintahan (pemilu). Penduduk memilih secara rahasia tanpa ada unsure paksaan.
·         Pengambilan keputusan di lakukan dengan cara bermusyawarah untuk mencapai mufakat.
·         Mengutamakan persatuan nasional dan kekeluargaan.
Kelemahan-kelemahan dari sistem politik yang di anut Indonesia antara lain:
·         Terjadi konflik diantara masyarakat,apabila mereka terlibat dalam hal politik yang sama dan memiliki pandangan yang berbeda.
·         Dengan adanya kebebasan untuk mengemukakan pendapat,maka masyarakat sewenang-wenang mengeluarkan isi hatinya,meskipun bersifat negative yang biasanya di tujukan kepada pemerintah yang kurang di senangi.
·         Belum mampu menjamin keadilan distributive,karena hakikat politik yang memberikan peluang arena bersaing.
·         Proses kemajuan ekonomi yang sudah di capai selama ini akan beratakan,karena pemerintah kewalahan dalam melaksanakan kepemimpinannya karena adanya perbedaan suku,bahasa,dll.yang menyebabkan prinsip mereka juga berbeda.

2.     AMERIKA SERIKAT
Dewan Perwakilan bersama Senat Amerika Serikat, merupakan bagian lembaga konstitusional pada Kongres Amerika Serikat. Sistem politik Amerika menganut Sistem Bikameral (dua Kamar), yaitu DPR dan Senat. DPR mewakili suatu wilayah yang ditetapkan (distrik). Sistim distrik kalau sistim Pemilu Indonesia saat ini Daeral Pemilihan (Dapil). Sementara Senat (kalau di Indonesia DPD), berasal dari tiap negara bagian masing-masing diwakili 2 orang, kalau jumlah negara bagian USA ada 50 maka jumlah Senatnya 100. DPR Amerika jumlah lebih banyak dari Senat.

Kelebihan dari Sistem Politik Bikameral adalah :
  •   Demokrasi berjalan dengan baik 
  •  Aspirasi rakyat mampu menciptakan suatu partai
  •  Rakyat bebas bersuara
  •  Adanya oposisi antara partai satu dan yang lainnya
Kekurangan Sistem Politik Bikameral adalah :
  •  Menimbulkan persaingan tidak sehat
  •  Paling menjatuhkan antara partai satu dan yang lainnya.
  • Dapat menghambat kelancaran semua program kerja pemerintah.
  • Partai-partai politik dalam arti tidak sehat yang melakukan money politic (lobi-lobi)  dan memberikan uang kepada rakyat agar memilih partai tersebut. Dari sini lah sifat-sifat para pemerintah yang akan korupsi  muncul. 
  • Berujung pada permusuhan dan perpecahan di antara partai satu dan yang lainnya.
  • Pemerintah tidak fokus lagi terhadap rakyat, melainkan fokus bagaimana cara mempertahankan kekuasaan.
  • Adanya konflik SARA.
  • Kekuatan Partai politik satu dengan yang lainnya tidak akan terlalu jauh, sehingga muaranya akan kearah bagi-bagi kekuasaan.
  • Pemerintahan akan semakin Gemuk sebagai akibat dari banyaknya kepentingan partai yang harus diakomodir dan sulit menempatkan orang yang "benar ditempat yang benar".
  • Biaya Politik yang sangat besar, karena adanya subsidi pemerintah kepada partai-partai. Sebagai contoh ringan dalam pembuatan kartu suara, kalau partainya seperti sekarang ini, kemungkinan kartu suara akan selebar Tabloid dibanding dengan sedikit partai. Dari sisi ini saja sudah diboroskan keuangan Negara yang cukup besar.
  • Logika "lingkaran setan", semakin banyak partai semakin banyak pilihan. Semakin banyak pilihan, akan semakin sulit memilih. Semakin sulit memilih semakin banyak yang tidak memilih. Semakin banyak Golput, semakin mundur arti sebuah demokrasi. Jadi Semakin Banyak Partai =Semakin Jelek Kualitas Demokrasi nya. Diakui atau tidak logika ini, anda bisa lihat sendiri carut marut partai politik di Indonesia.
  • Banyak Uang yang di investasikan pada hal-hal yang "kurang produktiv" bagi masyarakat banyak. Sebagi contoh ringan saja, anda boleh lihat, hitung dan analisa sendiri, berapa rupiah yang dihamburkan hanya untuk membuat sticker, baliho, spanduk, bendera dan iklan politik.
3.     INGGRIS
Inggris adalah negara yang menganut sistem dwipartai. Sistem ini hanya ada dua partai yang sangat dominan yaitu partai yang berkuasa (partai yang menang pemilu) dan partai oposisi (partai yang kalah dalam pemilu). Biasanya partai oposisi berperan sebagai pengecam setia terhadap kebijaksanaan-kebijaksanaan partai yang berkuasa bila dianggap tidak sejalan.

Kelebihan Sisitem Politik Dwipartai adalah :
·         Dalam sistem distrik suara pemilu yang dihasilkan selalu suara mayoritas,
·          Terwujudnya stabilitas pemerintahan yang dapat berjalan sesuai dengan kurun waktu yang telah ditetapkan,
·         Pergantian pemerintahan dalam sistem ini dengan pemilu sistem distrik cenderung berjalan normal,
·         Program-program pemerintah dapat berjalan dengan baik,
·         Adanya keterikatan pada konstitusi negara.
Kekurangan Sistem Dwipartai adalah :
·      Menghambat perkembangan partai-partai kecil.
·      pemerintahan menjadi lamban karena pasti ada dua partai yang akan
·      stabilitas tergantung pada kemampuan pemerintah menjaga kepercayaan publik

4.     ARAB SAUDI
Arab Saudi  adalah negara dengan sistem politik Otokrasi Tradisional, dimana pemimpin dari negara ini adalah keluarga atau keturunan dari raja  sebelumnya. Sehingga rakyat harus terima siapapun yang menjadi pemimpin mereka. Penguasa disini tidak hanya mmepunyai peranan simbolis yang tinggi tetapi juga kekuasaan yang nyata. Kekuasaan raja juga tidak terbatas.
Kelebihan Sistem otokrasi tradisional adalah :
·         Faktor kebaikan bersama menyebabkan adanya persamaan hak individu.
·         Faktor Identitas bersama menyebabkan adanya penyatuan masyarakat dalam sistem politik ialah factor primordial, seperti suku bangsa, ras, dan agama.
·          
Kekurangan Sistem Otokrasi Tradisional :
·         Kekuasaanya lebih bersifat pribadi, berada di sekitar otokrat tersebut, seperti kaum bangsawan, tuantanah & alim ulama, kelompok sosial modern seperti kelompok kepentingan, partai politik media massa belum berkembang, para petani tidak ikut kegiatan politik karena mskin, buta huruf, terikat tradisi dan dikuasai tuan tanah sedangkan tuan tanah sebagai kaki tangan otokrat     
·         Adanya kekuasaan dinasti sehingga rakyat harus terima siapapun penerus pemimpin sebelumnya
·         Adanya kekuasaan diktator
·         Tidak ada persamaan dan kebebasan politik. Ada stratifikasi nilai, ekonomi, dan modal

5.     REPUBLIK RAKYAT CINA

Kelebihan sistem totaliter :
·         Konflik dalam masyarakat cenderung berkurang karena adanya pengawasan
hal-hal yang dianggap dapat menggoncangkan masyarakat.
·         Mudah membentuk penyeragaman/integritas dan konsensus yang diharapkan
khususnya secara umum pada negara sedang membangun yang memerlukan
kestabilan.
·         Distribusi kebutuhan pokok relatif merata.
Kekurangan Sistem Politik totaliter :
·         Adanya penekanan terhadap keinginan untuk bebas mengemukakan
pendangan/ pendapat
·         Mudah terjadi pembredelan penerbitan media yang cenderung
menghancurkan suasana kerja dan lapangan penghasilan yang telah mapan.
·         Tertutupnya kesempatan untuk berkreasi.
·          Partai tunggal mengendalikan kegiatan ekonomi
·          Kegiatan ekonomi yang diprakarsai individu atau swasta dilarang
·         Dalam perkembangannya produksi barang dan jasa menurun, karena motivasi pekerja rendah dan aparat partai berubah menjadi kelas pengu-asa yang konservatif

6.     GUINEA
Guinea adalah negara dengan sistem politik satu partai dimana sistem partai tunggal ini merupakan satu-satunya partai dalam suatu negara, maupun partai yang mempunyai kedudukan dominan diantara beberapa partai lainnya. Suasan kepartaian dinamakan non-kompetitif oleh karena itu partai-partai yang ada harus menerima pimpinan dari partai yang dominan dan tidak dibenarkan bersaing secara merdeka melawan partai itu.

Kelebihan Sistem Politik Satu Partai :
·    efektifitas pemerintahan dapat berjalan dengan baik  kareana hanya ada satu partai yang menjalankan pemerintahan.
·    tidak terlalu banyak kepentingan karena hanya ada satu partai yang berkuasa
·    kebijakan lebih cepat dilaksanakan sebab hanya ada satu partai tanpa ada gangguan partai lain

Kekurangan Sistem Politik Satu Partai :
·         Sistem partai tunggal tidak pernah akan menjamin adanya perlindungan terhadap HAM, mengingat didalam sistem ini selalu berbarengan dengan sistem kediktatoran dimana kekuasaan legislatif, eksekutif, dan yudikatif berada pada satu tangan sehingga pelaksanaan kekuasaannya itu berlaku sewenang-wenang. Kecenderungan lain adalah sistem partai tunggal ini terkadang membawa bencana bagi kelangsungan demokrasi baik bagi rakyat, bangsa, maupun negara.
·         Tidak tercapainya perwujudan masyarakat yang sejahtera. Hal ini bisa dilihat pada pemerintahan Khmer Merah Kheu Sampan di Kamboja atau Pemerintahan Mao Tse Tung di Cina dimana rakyat banyak yang sengsara.
·         Tidak adanya sistem kontrol sosial.
·         Sistem partai tunggal tidak mengakui doktrin-doktrin politik demokrasi yang berlaku dinegara-negara liberal ataupun negara demokrasi lainnya.
·         Sistem partai tunggal tidak mengakui adanya konstitusi yang bersifat filsafat negara demokratik, struktur organisasi negara, perubahan terhadap konstitusi negara dan hak azasi manusia.
·         Sistem partai tunggal tidak mengakui adanya kebebasan pers.
·         Rakyat tidak mempunyai pilihan lain dalam mengemukakan pendapat dan hak-haknya.

19 komentar:

  1. Artikelnya bagus gan… makasih infonya. Kalau ada waktu berkunjung ke http://pimzzone.blogspot.com ya… thanks

    BalasHapus
  2. very public attention. Because the presidential and vice presidential campaign going on to attack each other through a smear campaign.
    http://www.suksestoto.com/

    BalasHapus

  3. Segera daftarkan diri anda dan bermainlah di Agen Poker, Domino, Ceme dan capsa Susun Nomor Satu di Indonesia AGENPOKER(COM)
    Jadilah jutawan hanya dengan modal 10.000 rupiah sekarang juga !

    BalasHapus
  4. Spot on with this article, I really think this website scr888 random jackpot download needs more attention.  I'll probably be back to read more, thanks for the info.

    BalasHapus
  5. Thanks for taking the time to discuss that, I really feel strongly about it and love mega888 apk download 2019 learning more on that topic. If achievable, as you gain competence, would you mind updating your blog with more information It is highly helpful for me.

    BalasHapus
  6. This discussion unexpectedly takes my attention to join inside. Well, after I read scr888 apk download android 2019 all of them, it gives me new idea for my blog. thanks

    BalasHapus
  7. Hi there, I just wanted to say thanks Rapid Slim Keto for this informative post, can you please allow me to post it on my blog?

    BalasHapus
  8. Thanks for scr888 company the information and links you scr888 casino download apk free download shared this is so should be a useful scr888 casino malaysia and quite informative!

    BalasHapus
  9. You got a really 918kiss apk download useful blog I have been here reading for about half 918kiss download 2019 an hour. I am a newbie and your post is valuable 918kiss download android for me.

    BalasHapus
  10. I wanted to thank you for this great blog! I really enjoying every little bit of it and I have you bookmarked to check out new stuff you post.
    http://www.authorstream.com/Presentation/aladdin99my-4104223-aladdin99s/

    BalasHapus
  11. Ultra Fast Keto Boost diagnosis although it is asymptomatic, excessive cholesterol can pose critical fitness dangers if left untreated. improved LDL degrees greater than double the danger of heart assault.
    a reduction of only 1% in overall ldl cholesterol values is sufficient to reduce the chance of heart sickness by 2%.
    https://purefitketodietplan.com/ultra-fast-keto-boost/

    BalasHapus
  12. As is common with diets, the milk diet increases Go ketogenic the amount of protein and decreases the consumption of carbohydrates.
    https://goketoganic.com/

    BalasHapus
  13. CBD oil is becoming one of the hottest new products on the market today. In fact, annual sales supplement reviews of CBD oil products in 2018 was nearly 600 million and is estimated to be growing at a rate exceeding 107 percent annually. Prior to 2017, CBD products were available only in head shops, natural food stores, and at a few doctor's offices. Since that time, the market has exploded and CBD products are now available in natural food stores, national food stores, beauty salons, nail salons, convenience stores, and even gas stations. But, are these CBD products manufactured from safe CBD oil?

    BalasHapus
  14. CBD impacts the brain. The perfect and causing effects of CBD are nevertheless indistinct right now. However, it prevents the chemical analysis of some chemicals that might pretense the mood, mental health, and pain. The prevention of the testing of the fiber supplement chemicals and increasing their blood presence might help overcome anxiety, pain, and schizophrenia psychological conditions.

    BalasHapus
  15. AutoCAD classes are becoming more and more popular because the more a person knows about software, the more advantage he gets over engineers who don't. These autocad experts karachi classes expand students' knowledge and general understanding of the inner workings of AutoCAD and Autodesk products. Students will learn how to execute these programs and how to successfully apply them in their projects.

    BalasHapus
  16. Vitamin E Diet: Start your daily beauty regimen with a skin-friendly diet. Include these vitamin E-rich foods in your breakfast and say goodbye to skin woes in https://deluxwire.com/category/beauty/

    BalasHapus
  17. We have a wide variety of magic mushroom edibles, like mushroom edibles chocolate, candy, and tea. It's easy for you to know how much psilocybin you're taking in at any given time because our edible mushrooms are carefully infused with a fixed dose of psilocybin in each portion.

    BalasHapus